Robot Wanita menjadi Newsreader di Jepang Teknologi

Robot Wanita menjadi Newsreader di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang saat ini sangat gesit mengembangkan keahlian robot yang mereka miliki. Robot - robot teknologi Jepang sangat beragam, ada robot yang memang menyerupai bentukan robot dan berlaga seperti manusia, ada yang dibuat mirip dengan manusia dan masih banyak karya - karya robot lainnya yang di produksi oleh negeri matahari terbit ini.

Creator bernama Hiroshi Ishiguro - yang percaya bahwa kedepannya robot yang akan mengambil alih daripada manusia - ini menciptakan sebuah robot yang hampir sevara keseluruhan mirip dengan manusia asli, malah bisa dikatakan lebih cantik dari wanita pada umumnya. Robot ini bernama Erica, sang creator menyebut bahwa Erica adalah ‘the most beautiful, human-like and autonomous android in this world.’

Erica mendapatkan job sebagai newsreader di salah satu Channel TV Jepang, dan sang robot yang membacakan berita itu dengan sendirinya.

Erica menggunakan sensor kedalaman inframerah untuk mengetahui orang - orang yang berada dalam ruangan, dan bisa mengenali wajah orang-orang dan mengobrol (dan juga menceritakan lelucon yang mengerikan).

rbt1

Erica

rbt2

Hiroshi Ishiguro

Erica mengatakan dalam sebuah video dokumenter Guardian, 'Ketika orang berbicara kepada ku, mereka memandangku sebagai manusia. Kurasa itu berbeda dengan cara seseorang menangani anjing mereka atau pemanggang roti mereka.'

Dr Ishiguro berkata, '' Kami akan mengganti salah satu penyiar berita dengan android."

 

 

sumber: metrouk2

editor dan translator: Team Inovasi Web dan Medsos

Febiannisa Utami (1742802)

 

@ STMIK AMIK BANDUNG

 

D3 artikel mahasiswa teknologi mahasiswa teknologi teknologi stmikamikbdg Seminar SANHAK