Selamat Datang di STMIK AMIKBANDUNG Jl. Jakarta No.28 Bandung. The First And The Competence Umum

Selamat Datang di STMIK AMIKBANDUNG Jl. Jakarta No.28 Bandung. The First And The Competence

Kami Berikan Informasi Untuk Anda Ketahui :

Landasan Pokok dan Strategi STMIK AMIKBANDUNG.

Sesuai pula dengan kencenderungan tuntutan kompetensi lulusan Perguruan Tinggi bagi dunia kerja di Indonesia, khususnya tujuan dan sasaran pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, serta meletakkan landasan yang mantap  bagi tahap pengembangan berikutnya maka perlunya senantiasa menyesuaikan RENSTRA ini, seirama dengan Tujuan Pendidikan Nasional, yang berkaitan Rencana Pengembangan Kualitas Perguruan Tinggi.

Rencana Strategis STMIK "AMIKBANDUNG" Tahun 2010-2015 bertepatan pula dengan diberlakukannya Visi dan Misi STMIK “AMIKBANDUNG” 2010-2015, yang bertujuan untuk mengantisipasi terhadap perubahan berbagai macam kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi/ Information and Communication Technology (ICT).

Maka dari itu  semua rencana  yang berkaitan dengan sumber daya di STMIK “AMIKBANDUNG” perlu pula diadakan penyesuaian-penyesuaian ke arah peningkatan program-program  yang  menghasilkan  keluaran berkualitas.

Sebagai perguruan tinggi swasta yang pada hakekatnya merupakan mitra pemerintah dalam pemerataan pendidikan, STMIK “AMIKBANDUNG” memiliki posisi terhormat dan strategis di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Barat pada khususnya dalam membantu pemerintah untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki Kompetensi  dibidang Informatika dan Komputer, guna menjawab segala bentuk tantangan pembangunan di tanah air Indonesia.

 

1.3.      DASAR PENGEMBANGAN.

Dalam menjabarkan Visi dan Misi yang ada di STMIK “AMIKBANDUNG” berpedoman pada beberapa wawasan berikut :

(1)        STMIK “AMIKBANDUNG” mempunyai ciri Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan teknologi, ketrampilan, seni, bisnis dan ilmu-ilmu kemanusiaan (humaniora).

(2)        STMIK “AMIKBANDUNG” mempunyai aspirasi untuk meningkatkan bermaknanya ilmu, teknologi dan ketrampilan dalam masyarakat.

(3)        STMIK “AMIKBANDUNG” mempunyai sikap selalu mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam mengantisipasi kebutuhan tenaga dalam pengembangan dan pembangunan.   

(4)        STMIK “AMIKBANDUNG” mempunyai upaya untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas agar selalu dapat menanggapi dinamika dan memberikan sumbangan kepada arah dinamika lingkungannya, dalam kebutuhan terhadap ilmu pengetahuan teknologi dan keterampilan.   

 Pada akhirnya STMIK  “AMIKBANDUNG” , harus selalu menanamkan tekad untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan bangsa.

Seiring dengan itu dalam perannya harus dijaga pertumbuhan dan kewajarannya dalam rangka tetap menjamin kemandirian dan pengembangan STMIK “AMIKBANDUNG” sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi swasta, sehingga pelaksanaan kewajiban pengabdian terbaiknya dapat terselenggara secara berkesinambungan, terukur dan efektif.   

 Dalam upaya pelaksanaan pengembangannya STMIK “AMIKBANDUNG” mengacu pada Standar yang ingin dicapai Institusi Sekolah Tinggi, berpedoman pada Pasal 3, PP.No.19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), yaitu  delapan standar minimal SNP ditambah dengan usaha pencapaian delapan standar standar tambahan lain, yaitu :

 

  1.        STANDAR ISI,

Yang menjamin standar mengenai tercapainya Visi, Misi dan Tujuan STMIK   “AMIKBANDUNG” melalui publikasikan & sosialisasikan dengan baik, ke berbagai kalangan (sivitas akademika). Serta konsistensi dalam pelaksanaan proses akademik (PBM) yang terlaksana berdasarkan Kurikulum yang telah diberlakukan.

Program Studi, di STMIK “AMIKBANDUNG” memiliki Visi, Misi tersendiri untuk  mendukung Visi, Misi Sekolah Tinggi.

 

  1.       STANDAR PROSES,

Standar yang menjamin semua PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) telah sesuai dengan rencana. PERENCANAAN menyeluruh mengenai kegiatan AKADEMIK (kualitas & kuantitas): PBM berjalan efektif, aktivitas keterlibatan mahasiswa dalam jalan proses pembelajaran, diadakannya menerapkan konsep umpan balik dengan baik dalam pelaksaan PBM, menjamin  atmosfer/ suasana kerja terhadap seluruh staf pendukung PBM. Kurikulum di setiap PRODI secara keseluruhan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana, serta adanya usaha menciptakan kelebihan dari PBM di STMIK ”AMIKBANDUNG”.

Disiapkan Dokumen-dokumen Pedoman-Instruksi dan dokumen lain  yang mendukung Proses.

Apabila ada kelemahan dalam PBM di STMIK ”AMIKBANDUNG”, harus ada rencana perbaikan dan pengembangan kedepan untuk berbagai proses yang menunjang kegiatan akademik tersebut.

 

  1.        STANDAR KOMPETENSI LULUSAN.

Dipersiapkannya  konsepsi  kompetensi lulusan dapat dicapai dengan realistis, Kurikulum di setiap Jurusan/ Prodi di STMIK ”AMIKBANDUNG” telah mencerminkan Kompetensi Lulusan, disertai adanya usaha pencapaian Kompetensi Lulusan STMIK ”AMIKBANDUNG”, dengan usaha mengidentifikasi tanggapan dari Pengguna lulusan.

Berusaha pula secara berkelanjutan untuk menciptakan  kelebihan dari lulusan STMIK ”AMIKBANDUNG” melalui upaya untuk menaikkan kompetensi lulusan STMIK ”AMIKBANDUNG’’.

 

  1.       STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN.

Menjamin dipenuhinya minimum jumlah dosen tetap dibidang ICT di STMIK ”AMIKBANDUNG”, serta memenuhi rasio jumlah dosen (tetap/lb) terhadap jumlah mahasiswa.

Menjamin kualitas tenaga pendidik, melalui upaya peningkatan kualitas pendidikan dosen, usaha meningkatkan terus jabatan fungsional dosen dan rencana strategi untuk keberlanjutannya terhadap standar tenaga dosen.

 

  1.        STANDAR PRASARANA DAN SARANA.

Menjamin telah siapnya  kodisi ruangan kelas untuk pelaksanaan PBM,  telah mencukupinya  sarana penunjang untuk kelancaran PBM,  adanya ruangan untuk dosen yang memenuhi persyaratan, peralatan Laboratorium Komputer dijamin telah memenuhi persyaratan penunjang PBM dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa STMIK ”AMIKBANDUNG”.

Dibuatnya rencana pengembangan sarana dan prasarana yang disusun bersama Yayasan Widya Cakra Pinayungan.

 

  1.        STANDAR PENGELOLAAN.

Dijamin adanya struktur organisasi yang jelas dan berjalan dengan baik serta alternatif pengembangan organisasi untuk mengejar suatu kebutuhan optimasi di STMIK ”AMIKBANDUNG”.

Adanya peraturan/ etika akademik  untuk dosen dan karyawan untuk mendukung pelaksanaan akademik.

Dibentuknya lembaga penjamin mutu beserta subkomponennya, untuk mendukung kualitas Sekolah Tinggi.

Dibuat peraturan kekaryaan, rincian tugas/pekerjaan secara keseluruhan bagi pegawai STMIK ”AMIKBANDUNG”, yang mendukung pengelolaan Sekolah Tinggi.

 

  1.       STANDAR PEMBIAYAAN.

Disusun Rencanaan Kerja dan Anggaran Keuangan (RKAK) serta adanya prioritas alokasi ketersediaan dana untuk pelaksanaan akademik, serta upaya adanya keberlanjutan sumber dana, yang tidak hanya mengandalkan dana masuk dari mahasiswa saja.

Dibuat konsep strategi kedepan telah dipikirkan tentang rancangan pembiayaan Lembaga STMIK ”AMIKBANDUNG”,

 

  1.       STANDAR PENILAIAN.

Dijamin adanya standar penilaian di STMIK ”AMIKBANDUNG” yang berlaku untuk semua matakuliah dan mata uji, dengan komponen penilaian terhadap keberhasilan studi mahasiswa.

Disediakan konsepsi  penilaian hasil studi mahasiswa dapat ditelaah dan dilihat secara terbuka dengan bahan/ komponen  penilaian yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Dibuat target pencapaian nilai (IPK, kelulusan dll.). 

 

Kontak Kami di : STMIK AMIKBANDUNG, Jalan Jakarta No.28 Telp/Fax (022)7271136
Kontak Person (IDA : 081-394-639-986, RUDI: 081-320-727-169)
e-mail : info@pmb-stmik.amikbandung.ac.id

 

 

stmikamikbdg Seminar SANHAK

Artikel Terkait