Tim Mahasiswa raih prestasi sebagai 10 besar lomba Computer Science Innovative Challenge 2018 Kegiatan

Tim Mahasiswa raih prestasi sebagai 10 besar lomba Computer Science Innovative Challenge 2018

Berita seperti tercantum di harian Pikiran Rakyat :

 

Aplikasi Tambal Ban, Solusi Ban Bocor di Tengah Jalan

BANDUNG, (PR).- Untuk membantu masyarakat yang terkena ban bocor di tengah jalan sekaligus membantu para tukang tambal ban, STMIK AMIK Bandung membuat aplikasi "Mu Bengkel". Aplikasi ini meraih prestasi sebagai 10 besar lomba Computer Science Innovative Challenge (CSIC) di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, Banten.

"Peserta CSIC dari perguruan tinggi teknologi informasi dan komunikasi seluruh Indonesia sebanyak 52 peserta. Alhamdulillah tim STMIK AMIK Bandung masuk 12 tim terbaik dan masuk babak final," kata ketua tim STMIK AMIK Bandung, Yuyun Tresnawati, di ruang kerjanya, Senin, 10 Desember 2018.

Tim STMIK AMIk Bandung yang beranggotakan dua dosen dan tiga mahasiswa akhirnya menempati peringkat enam dari 12 finalis. "Juara satu sampai lima adalah perguruan tinggi negeri yakni Undip, ITB, Universitas Brawijaya, dan UGM dan hanya Universitas Matana sebagai perguruan tinggi swasta di peringkat ketiga dan STMIK AMIK Bandung di keenam," ujarnya.

Mengenai aplikasi "Mu Bengkel" ini, menurut Yuyun, dilandasi dari penelitian dari 53 tambal ban di Kota dan Kabupaten Bandung selama sebulan pada November.

"Hasilnya pendapatan bersih  tukang tambal ban Rp 750.000/bulan, sedangkan hasil kotor Rp 83.000/hari sehingga masih jauh dari upah minimum. Apalagi tukang tambal ban tidak mengenal hari libur," katanya didampingi dosen STMIK AMIK Bandung, Christina Juliane. 

 

Penelitian kepada tukang tambal ban skala kecil sebatas menambal ban, isi angin, dan ganti ban dalam. "Aplikasi ini berupaya membantu kehidupan  para tukang tambal ban sekaligus masyarakat yang ban mobil atau sepeda motornya bocor," ujarnya.

Aplikasi ini, kata Yuyun, juga dilengkapi dengan fasilitas pesan pendek karena para tukang tambal ban tak semuanya memiliki ponsel yang bagus.

"Intinya pengendara ketika ban sepeda motor atau mobilnya mengalami bocor bisa mengetahui letak tambal ban terdekat dan menghubungi via aplikasi atau SMS. Tukang tambal ban akan menjemput ke lokasi kejadian," katanya.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/12/10/aplikasi-tambal-ban-solusi-ban-bocor-di-tengah-jalan-434196

 

 

Pendaki Gunung PPRPGDEAWADRU Mapala PecintaAlam PPRPGDEAWADRU Mapala PecintaAlam smartphone android android D3 artikel mahasiswa teknologi mahasiswa teknologi teknologi stmikamikbdg Seminar SANHAK