Visi Misi

Visi Misi dan Tujuan STMIK AMIK BANDUNG

STMIK AMIK BANDUNG memiliki visi, misi dan tujuan dengan sasaran dalam kurun waktu tertentu yang akan ditinjau secara berkala sesuai kebutuhan garis besar haluan pendidikan yang memiliki warna atau ciri yang khas di bidang “ICT Security” untuk semua bidang ilmu komputasi yang dikelolanya, yaitu Sistem Informasi, Teknik Komputer dan Informatika.

1.     Visi

STMIK AMIK BANDUNG pada kurun waktu lima tahun ke depan (2016-2021) memiliki visi “Smart Learning System”. Visi ini ditetapkan sesuai kompetensi sumber daya manusia yang ada dan kebutuhan internal kampus dalam kurun waktu tersebut.

2.     Misi

Dalam mencapai visi tersebut, STMIK AMIK BANDUNG menentukan misi perguruan tinggi sebagai penjabaran lebih lanjut visi sesuai kelompok bidang keilmuan berupa upaya:

  • Pemberian kompetensi kepada calon lulusan untuk dapat mandiri, dan berinovasi berbentuk materi ajar yang dapat dipelajari secara mandiri dan tugas mandiri yang inovatif dalam skema belajar mandiri
  • Pemberian kompetensi kepada calon lulusan untuk dapat mengembangkan keilmuan berkelanjutan yang adaptif dan persuasif berbentuk partisipasi dalam skema penelitian.
  • Pemberian kompetensi kepada calon lulusan untuk dapat berkolaborasi secara professional dengan keahlian pada bidang keilmuan pendukung sesuai kebutuhan stakeholderberbentuk tugas kelompok dan tugas akhir yang berorientasi kebutuhan sentra industri kreatif dalam skema kerjasama

3.     Tujuan

Berdasarkan misi tersebut, STMIK AMIK BANDUNG mempunyai tujuan perguruan tinggi secara umum untuk:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam berkemandirian, dan berinovasi
  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensidalam pengembangan keilmuan selanjutnya secara adaptif dan persuasif.
  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensidalam berkolaborasi secara professional dengan keahlian pada bidang keilmuan pendukung sesuai kebutuhan stakeholder.

Berdasarkan misi dan tujuan umum tersebut, STMIK AMIK BANDUNG melalui kelompok bidang keilmuan Sistem Informasi mempunyai tujuan khusus untuk:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensi untuk mengembangkan model penyelesaian masalah sesuai dengan strategi pada manajemen proses bisnis dan manajemen pengetahuan termasuk representasinya

Berdasarkan misi dan tujuan umum tersebut, STMIK AMIK BANDUNG melalui kelompok bidang keilmuan Teknik Komputer mempunyai tujuan khusus untuk:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensi untuk mengembangkan model penyelesaian masalah sesuai dengan kebutuhan masa depan berdasarkan teknologi IaaS (Cloud Computing) dan IoT termasuk interfacing antara hardware dan software

Berdasarkan misi dan tujuan umum tersebut, STMIK AMIK BANDUNG melalui kelompok bidang keilmuan Informatika mempunyai tujuan khusus untuk:

  • Menghasilkan lulusan yang berkompetensi untuk mengembangkan model penyelesaian masalah melalui aplikasi yang secure sesuai teknologi SSO, dan SaaS (Cloud Computing)berdasarkan arsitektur dan pengelolaan komunikasi data berbasis layanan

Dalam mencapai visi-misi tersebut, ketiga kelompok bidang keilmuan tersebut berkolaborasi terutama dalam hal kebutuhan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan dan dapat diwujudkan dalam bentuk data (untuk dianalisis) dan pengetahuan (untuk direpresentasikan). Melalui implementasi Smart Learning System maka sumber daya manusia akan memiliki kemampuan dasar yang kuat untuk berkembang sesuai kebutuhan masa depan, sehingga visi-misidan tujuan institusi untuk lima tahun berikutnya lebih mudah dicapai sesuai kebutuhan pada kurun waktu tersebut.

4.     Sasaran

Dalam mencapai visi-misi dan tujuan tersebut, STMIK AMIK BANDUNG menentukan sasaran sesuai kurun waktu tahun pertama (2017-2018):

  • Lulusan dapat mandiri dan berinovasi berbentuk materi ajar (10 persen matakuliah) yang dapat dipelajari secara mandiri dan tugas mandiri yang inovatif dalam skema belajar mandiri.
  • Lulusan dapat mengembangkan keilmuan berkelanjutan yang adaptif dan persuasif berbentuk partisipasi dalam skema penelitian (5 persen lulusan).
  • Lulusan dapat berkolaborasi secara professional dengan keahlian pada bidang keilmuan pendukung sesuai kebutuhan stakeholderberbentuk tugas kelompok dan tugas akhir yang berorientasi kebutuhan (5 persen lulusan).

Pada tahun kedua pencapaian meningkat dua kali lipat tahun pertama, pada tahun ketiga pencapaian meningkat tiga kali lipat tahun pertama, pada tahun keempat pencapaian meningkat empat kali lipat tahun pertama dan pada tahun lima pencapaian meningkat lima kali lipat tahun pertama. [rk]