2020, Indonesia Siap Sambut Jaringan 5G – STMIK AMIKBANDUNG

2020, Indonesia Siap Sambut Jaringan 5G

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sebagai seorang mahasiswa IT, tentunya koneksi internet merupakan kebutuhan pokok dalam kesehariannya. Gambaran aktivitas mahasiswa yang tak luput dari internet terlihat di setiap sudut STMIK “AMIKBANDUNG”. Aktivitas tersebut diantaranya yaitu aktivitas perkuliahan dan aktivitas lain yang membutuhkan internet. Tentunya hal ini bukan masalah, karena STMIK “AMIKBANDUNG” memiliki koneksi internet yang cepat yang dapat diakses di setiap sudut STMIK “AMIKBANDUNG”. Kebutuhan akan internet tentunya tak hanya terbatas pada lingkup kampus, sebagai seorang mahasiswa IT, baik dikampus maupun diluar kampus harus selalu memiliki koneksi internet untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas atau mempersiapkan diri untuk ujian.

Dunia akan dikejutkan dengan kabar gembira untuk masyarakat umum. Pasalnya Qualcom menyatakan 2020 akan menjadi tahun di mana fasilitas Jaringan 5G marak digunakan di seluruh dunia. Operator di Indonesia juga bersiap menyongsong jaringan generasi terbaru tersebut. Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan pihaknya sedang mempersiapkan ekosistem secara menyeluruh demi penerapan 5G.

Dalam kesempatan berbeda, sejumlah operator telekomunikasi juga berkomentar terkait ekosistem 5G di Indonesia. Direktur Penjualan Telkomsel Ririn Widaryani menegaskan pihaknya tak memaksa pengguna perangkat dengan jaringan 4G untuk terburu-buru beralih ke jaringan 5G dikomersialisasi secara resmi. Ekosistem jaringan 5G membutuhkan proses cukup panjang sampai akhirnya bisa digunakan. Di sisi lain, pemanfaatan jaringan 4G saat ini sudah cukup untuk mendukung aktivitas berinternet masyarakat di Indonesia.

Implementasi konektivitas 5G di Indonesia frekuensi 3,5 GHz dinilai paling cocok digunakan untuk jaringan 5G. Tentunya dengan adanya jaringan 5G di Indonesia, mahasiswa khususnya mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet secara cepat dan tepat. Selain memiliki kecepatan yang ekstra, berikut manfaat dari jaringan 5G di Indonesia :

  1. Teknologi Virtual Reality (VR)
    Immersive Collaboration merupakan sambungan layanan ultra broadband yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di berbagai lokasi untuk saling bekerjasama. Sistem ini pun didukung teknologi fixed wireless access.
  2. Perencanaan Kota
    Jaringan 5G bisa membantu perencanaan tata kota dengan teknologi mixed reality. Teknologi mixed reality mengombinasikan tampilan virtual dengan tampilan nyata. Tampilan virtual itu bisa berupa hologram atau tampilan dengan bantuan kacamata pintar. 
    Teknologi ini dianggap bisa memudahkan penataan ruang perkotaan karena pemerintah bisa mencocokkan perencanaan mereka dengan tampilan nyata.

More to explorer

PPRPG Dewadaru STMIK “AMIKBANDUNG” Mulai Laksanakan Diklatsar XIX

Sudah sejak tiga bulan lalu, unit kegiatan mahasiswa PPRPG Dewadaru STMIK “AMIKBANDUNG” sibuk mempersiapkan pelaksanaan Diklatsar XIX. Diklatsar Dewadaru itu sendiri adalah sebagai proses lahirnya anggota muda Dewadaru yang di dalamnya terdapat pemberian materi dan pembentukan sikap melalui media alam

Teknologi Face Recognation Mulai dikembangkan di STMIK “AMIKBANDUNG”

Face Recognition adalah kategori baru dari perangkat lunak yang berfungsi untuk memetakan fitur wajah seseorang secara matematis dan menyimpan datanya sebagai faceprint. Perangkat lunak ini menggunakan sistem algoritma untuk membandingkan pengambilan gambar langsung atau gambar digital yang kemudian disimpan. Ada

Kalender Akademik 2019/2020

Jadwal kegiatan akademik STMIK “AMIKBANDUNG” secara umum dapat dilihat pada Kalender Akademik, yang dapat menjadi panduan bagi mahasiswa selama menempuh pendidikan di STMIK “AMIKBANDUNG”. Berikut adalah Kalender Akademik untuk tahun akademik 2019/2020 :