ANIMASI

ANIMASI

Program Studi S1 Animasi bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang seni rupa dan desain, komunikasi, teknologi, serta ekonomi dan bisnis, dalam rangka menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam penyampaian pesan secara visual melalui animasi 3D dan komik digital sehingga dapat menjawab kebutuhan dibidang industri kreatif digital baik di tingkat nasional maupun internasional.

Profil Konsentrasi

  1. Animasi 3D
    Peminatan Animasi 3D fokus pada keahlian untuk menciptakan animasi 3D melalui pengembangan prinsip animasi, pemodelan animasi 3D, menggunakan perangkat digital terkini dan berciri khas nusantara.
  2. Komik Digital
    Peminatan Komik Digital fokus pada keahlian untuk menciptakan komik dengan media digital melalui pengembangan karakter, narasi visual, menggambar anatomi manusia, menggambar bentuk, dan menggambar teknik, ilustrasi dan lain-lain dalam pembuatan komik digital berciri khas nusantara.

Prospek Kerja

Komikus

profesi yang berperan dalam membuat dan mengembangkan komik.

Ilustrator / storisbordis

Membuat ilustrasi dan cerita terhadap gambar yang diciptakan oleh animator

kartunist

Profesi ini bertanggung jawab dalam membuat sebuah gambar yang menceritakan suatu kondisi. Hanya saja, kartun lebih bersifat ekspresif, bebas dan terkadang visualnya mempeleseti kaidah dalam struktur gambar, anatomi misalnya

Kompetensi Lulusan

A. Pengetahuan
  1. Pengetahuan di bidang keilmuan komunikasi visual yang meliputi gambar manusia, gambar teknik konstuktif, gambar ilustrasi, storyboard, komik digital, prinsip dasar animasi 3D, pemodelan 3D, dan produksi animasi 3D.
  2. Pengetahuan pendukung yang meliputi teori komunikasi, tinjauan budaya
B. Ketrampilan
  1. Memiliki keahlian dalam menggambar tradisional dan digital, dan ilustrasi.
  2. Memiliki keahlian membuat animasi 3D
  3. Memiliki keahlian dalam membuat komik digital
  4. Perangkat keras digital dan perangkat lunak digital grafis
C. Kompetensi Pendukung
  1. Memiliki softskill dalam aspek karakter religius, kemampuan tata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik, sikap kewarganegaan, dan kewirausahaan.
  2. Memiliki pola pikir ilmiah dan kreatifitas dalam industri kreatif.