Hari Satelit Palapa Indonesia | 9 Juli 2021

sobatamik tau ga ternyata tanggal 9 Juli 1976 pukul 06.31 WIB, Indonesia berhasil meluncurkan satelit pertamanya, Palapa A1, dari Cape Canaveral Kennedy Space Centre, Florida, Amerika Serikat?

Selain itu, nama Palapa sendiri diambil dari Sumpah Palapa Majapatih Gajah Mada yang merupakan sumpah pemersatu nusantara. Seperti filosofi Sumpah Palapa, Satelit Palapa ini memiliki peranan untuk mempersatukan nusantara melalui jaringan satelit.
Satelit Palapa dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto karena menyadari pentingnya distribusi komunikasi di Indonesia.
Nah,#sobatamik, prestasi ini patut kita banggakan karena pada saat itu Indonesia adalah negara pertama di Asia dan negara ketiga di dunia yang sudah bisa mengoperasikan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) menggunakan satelit geostasioner, setelah Amerika Serikat dan Kanada.
Dan Hal ini menjadi momentum era baru telekomunikasi Indonesia, nah Satelit Palapa juga memegang peran penting karena memperlancar komunikasi di seluruh Indonesia. Dan juga memperlancar komunikasi kamu pada saat ini😊

More to explorer