Mahasiswa IT Harus Tahu Tips dan Trik Menjaga Mata – STMIK AMIKBANDUNG

Mahasiswa IT Harus Tahu Tips dan Trik Menjaga Mata

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Komputer atau laptop menjadi salah satu benda wajib bagi Mahasiswa IT. Pasalnya hampir 80% kegiatan perkuliahan tak lepas dari komputer ataupun laptop. Sama halnya dengan mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” yang kerap membawa tas besar dengan isinya laptop, mereka menggunakan laptop tak hanya pada saat perkuliahan, saat santai dan istirahat pun tangan mahasiswa tak jauh dari laptopnya. Pasalnya sebagai mahasiswa IT yang keseharianya tidak akan jauh lepas dari komputer pasti menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 5 jam di depan layar komputer itu tidak baik untuk kesehatan mata dan menyebabkan mata menjadi lelah.  Biasanya gejala mata lelah yang terjadi pada mata meliputi iritasi atau tegang pada mata, sulit untuk focus, Mata kering atau basah, penglihatan ganda atau kabur, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya.

Sebuah studi mengatakan seseorang yang menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya hanya berkedip 9 kali semenit, alias hanya setengah dari biasanya. Hasilnya, mata jadi kering, lelah, gatal-gatal, dan terasa panas. Sangat menakutkan sekali bukan?

Maka dari itu  sebagai mahasiswa jurusan IT harus memiliki trik agar mata tidak rusak walau harus menatap laptop berjam-jam. Nah berikut ini tips untuk mencegah mata rusak akibat terlalu lama didepan laptop :

1.Ubah Kebiasaan di Depan Komputer

Jauhkan layar komputer dengan jarak sekitar 50 -66 cm dari mata kita.Hal ini dapat digunakan untuk menghindari kerusakan pada mata. Dan jangan lupa untuk mengatur pencahayaan pada layar laptop atau komputer yang digunakan.

2.Perhatikan Lingkungan Kerja

Hal ini masih ada sangkut pautnya pada point kesatu ya… Selain itu sebisa mungkin kita gunakan kursi yang dapat di atur ketinggianya, sesuaikan penerangan lingkungan kerja kita agar jangan sampai terlalu terang, ataupun gelap, apalagi jika terdapat pantulan cahaya di layar komputer, itu tidak baik untuk kesehatan mata.

3.Eye Palming

Teknik “Eye Palming” ini sangat cocok untuk mengistirahatkan mata lelah selama 15 menit.  Caranya yaitu dengan mengosok-gosokan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Nah cara ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

4. Kompres Mata

Mengompress mata dengan air hangat dapat membersihkan mata dari debu dan bakteri, maka dari itu cara ini sangat dianjurkan agar mata menjadi lebih segar saat berada didepan komputer.

5. Pasang Lepas Kacamata

Untuk yang memiliki masalah pada kesehaan mata biasanya dokter menganjurkan penderita menggunakan kacamata hal ini di gunakan sebagai alat bantu agar melihat lebih jelas, daripada sebelum menggunakan kacamata. Namun mengunakan kacamata secara terus menerus juga dapat berakibat fatal terhadap mata, nah bila sudah tidak digunakan untuk membaca atau melihat sesuatu, kacamata dapat dilepas. Jadi gunakanlah kacamata sesuai kebutuhan ya….

6. Menikmati Pemandangan Hijau

Siapa sih yang tak senang untuk pergi menikmati indahnya pegunungan dan hijaunya dedaunan? Semua orang pasti menyukai hal tersebut, hal ini ampuh juga loh dalam rangka penyegaran mata! Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini berguna juga untuk mengembalikan pikiran supaya tetap jernih. Bagaimana tertarik untuk mencobanya bukan?

7. Amati Objek yang Bergerak

Melihat benda-benda bergerak diyakini ampuh mengurangi tingkat pusing yang dialami. Selain itu dengan memperhatikan benda-benda bergerak dapat mengurangi mata minus. Walaupun awal pertama kali mencoba mata justru akan pusing, namun lama kelamaan otot mata akan terlatih dan justru ampuh untuk mengurangi mata minus.

Nah untuk kita semua yang terjun di dunia IT, yuk giat giat menjaga mata agar tetap bisa produktif. Tips dan trik diatas dapat dicoba dimanapun dan kapanpun ya supaya mata terhindar dari mata lelah.

More to explorer

Komunitas AMIKCODE akan Gelar Seminar Bertajuk Teknologi

Komunitas Coding STMIK “AMIKBANDUNG” yang disebut AMIKCODE ini akan mengadakan seminar bertajuk AMIKTALKS 1 “Technology Industry Now and Then”. Seminar ini akan diisi oleh pembicara dari Dicoding yaitu Agil Julio (Game Academy Writer, Contributor and Reviewer at Dicoding) dan Riko