Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” Kembangkan Robot Underwater OpenRov – STMIK AMIKBANDUNG

Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” Kembangkan Robot Underwater OpenRov

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

STMIK “AMIKBANDUNG” mengembangkan robot underwater dengan memanfaatkan sebuah robot yang bersifat open source dan bertipe Remotely Operated Vehicle (ROV).Robot itu terkenal dengan Openrov. Openrov sendiri merupakan robot yang diciptakan oleh Eric Stackpole dan David Lang dibawah label Openrov Inc.

Tampilan Robot Underwater

Awal mula munculnya Openrov ini yaitu ketika robot bawah air (underwater robot) mulai ramai diperbincangkan di tanah air ketika tim robotik Lintang Selatan dari Sekolah Robot Indonesia, Surabaya berhasil menyabet special award di ajang MATE (Maritime Advance Technology Education) International ROV Competition 2014, Amerika Serikat awal Juli 2014. Lintang Selatan menjadi satu-satunya wakil Asia yang berhasil meraih penghargaan di ajang yang diikuti 30 tim dari 16 negara.

Tim Komunitas Robotik STMIK “AMIKBANDUNG”

Dengan melihat perkembangan robot underwater di Indonesia, mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” dibawah komunitas robotik mengembangkan Openrov yang dibimbing oleh Okyza Maherda dan Yuyun Tresnawati. Tim komunitas robotik yang bergabung dalam penelitian ini yaitu Ari, Sahlan,Zulfikar, Navi, dan Iqbal Alasan penggunaan openrov sebagai alat untuk dikembangkan karena openrov merupakan robot open source yang cukup murah dan mudah untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi robot underwater yang siap menyelam dan merekam keindahan bawah laut. Robot yang siap menyelam ini siap dipamerkan dalam ajang pameran produk STMIK “AMIKBANDUNG” yang rencananya akan diadakan pada awal tahun 2020.

More to explorer

Pengumuman Kegiatan Wisuda XXIX STMIK “AMIKBANDUNG”

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang Tugas Akhir bahwa pelaksanaan wisuda XXIX akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019 di Hotel El-Royale. Adapun syarat dan ketentuan mengikuti kegiatan ini yaitu sebagai berikut : Telah menyelesaikan sidang Tugas Akhir

Seminar Teknologi bertajuk “Keamanan Data Pribadi”

Masa muda memang dikenal sebagai masa paling indah. Puncak kesenangan masa muda ketika berada di bangku SMA dan selanjutnya di bangku kuliah. Tetapi dimasa yang penuh kebahagiaan ini sebagai insan penerus bangsa harus mulai mempersiapkan masa depan dengan terus berpacu

Jadwal Ujian Tenggah Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Kepada Seluruh Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” jadwal pelaksanaan Ujian Tengah Semester Ganjil akan dilaksanakan mulai tanggal 4 November 2019 hingga 15 November 2019. Berikut jadwal Ujian Tengah semester ganjil tahun akademik 2019/2020 :