Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa merupakan organisasi pembelaan negara sebagai wujud cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 45. Menwa berbeda dengan TNI maupun organisasi sipil lainnya. Menurut catatan sejarah Menwa, perjalanan MENWAselama ini dipenuhi dengan semangat heroisme dan patriotisme bela negara. Sejarah panjang MENWA dimulai dari 58 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1942, zaman pendudukan Jepang.
Menwa salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Selain itu, menwa diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya

FUNGSI RESIMEN MAHASISWA

  1. Melaksanakan pembinaan anggota Resimen Mahasiswa Indonesia di Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang akademik.
  2. Melaksanakan pemeliharaan dan pemberdayaan serta peningkatan kemampuan baik perorangan maupun satuan di bidang Bela Negara.
  3. Melaksanakan pembinaan disiplin anggota Resimen Mahasiswa Indonesia, baik sebagai mahasiswa maupun warga masyarakat.

 TUGAS RESIMEN MAHASISWA

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta membantu terlaksananya kegiatan dan program lainnya di Perguruan Tinggi.
  2. Membantu terwujudnya penyelenggaraan fungsi perlindungan masyarakat (LINMAS), khususnya Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (PBP)
  3. Membantu terlaksananya kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan dalam organisasi kepemudaan.