Panduan Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir 1 – STMIK AMIKBANDUNG

Panduan Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir 1

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah SI701 Tugas Akhir 1 dan IF701 Tugas Akhir 1, mohon untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk melaksanakan seminar tugas akhir sebagai ujian akhir pada mata kuliah tersebut.

  1. Mahasisiswa membuat laporan tugas akhir sesuai dengan template pada link berikut : https://drive.google.com/file/d/1JT5EHRVnCHeW_OpxtlYeENMtPDRpkmU1/view?usp=sharing
  2. Mahasiswa meminta formulir pendaftaran Seminar Tugas Akhir 1 ke BAAK.
  3. Mahasiswa menemui pembimbing Tugas Akhir untuk meminta persetujuan dengan membawa: a. Formulir pendaftaran seminar tugas akhir 1 yang sudah diisikan Nama Mahasiswa, NPM, dan judul tugas akhir. b. Sebuah salinan cetak (hardcopy) laporan Tugas Akhir 1 (sesuai template baru).
  4. Pembimbing Pertama memberikan persetujuan dengan menandatangani formulir pendaftaran dan laporan Tugas Akhir 1. Pembimbing lainnya memberikan persetujuan dengan menandatangani laporan tugas akhir mahasiswa. Pembimbing Pertama harus mengisikan kemungkinan jadwal pelaksanaan seminar, dan juga 1 (satu) nama yang diajukan sebagai Dosen Penguji.
  5. Mahasiswa melakukan proses pembayaran Seminar Tugas Akhir 1 dengan membawa bukti pembayaran dan formulir pendaftaran yang sudah ditandatangani Dosen Pembimbing.
  6. Bagian Keuangan memroses pembayaran Seminar Tugas Akhir 1 dan menandatangani formulir pendaftaran seminar saat proses selesai.
  7. Mahasiswa menyelesaikan pendaftaran seminar di BAAK dengan menyerahkan: a. Formulir pendaftaran yang sudah diisi penuh dan ditandatangani semua pihak. b. Salinan cetak (hardcopy) laporan Tugas Akhir 1 sebanyak 𝑛 eksemplar, dengan 𝑛 adalah jumlah pembimbing ditambah satu dosen penguji. Setidaknya satu salinan harus memiliki tanda tangan asli, sisanya dapat berupa fotokopi.
    Sebagai bukti pendaftaran, Mahasiswa menerima tanda terima pendaftaran yang ditandatangani oleh BAAK.
  8. Proses pendaftaran harus selesai setidaknya 5 hari kerja sebelum waktu pelaksanaan seminar.
  9. Program Studi menetapkan dosen penguji dan jadwal pelaksanaan seminar tugas akhir dengan mengeluarkan Surat Keputusan Ketua Program Studi mengenai Seminar Tugas Akhir. Penetapan ini harus selesai setidaknya 2 hari sebelum pelaksanaan seminar.
  10. BAAK menjadwalkan dan menentukan ruangan seminar Tugas Akhir 1 setidaknya 2 hari sebelum pelaksanaan seminar.
  11. Mahasiswa harus siap setidaknya 30 menit sebelum pelaksanaan seminar dengan sudah menyiapkan dan mengecek proyektor, menyiapkan presentasi dan materi demo (bila diperlukan).
  12. Saat pelaksanaan seminar, mahasiswa wajib mengenakan pakaian sesuai aturan berikut. Bagi pria, mengenakan celana panjang kain warna gelap, kemeja warna terang polos, dasi, sepatu, dan jas almamater. Bagi wanita mengenakan celana/rok panjang warna gelap, kemeja warna terang polos, sepatu, dan jas almamater.
  13. Pembimbing Pertama harus mengambil berkas dokumen penilaian seminar tugas akhir di BAAK sebelum pelaksanaan seminar.
  14. Seminar tugas akhir dilaksanakan paling lama 1 jam dengan rincian kegiatan: a. Pembukaan seminar oleh Pembimbing Pertama maksimal 5 menit. b. Paparan hasil pengerjaan tugas akhir 1 maksimal 20 menit. c. Pertanyaan dan diskusi dengan Dosen Penguji maksimal 25 menit. d. Penilaian tertutup oleh tim pembimbing dan penguji maksimal 5 menit. e. Penutupan seminar oleh Pembimbing Pertama maksimal 5 menit.
  15. Pada kegiatan Penilaian tertutup, mahasiswa yang melaksanakan seminar harus meninggalkan ruangan seminar selama kegiatan berlangsung.
  16. Seminar Tugas Akhir 1 dapat dihadiri dan disaksikan oleh mahasiswa lain sebagai peserta. Dalam kasus ini, saat kegiatan pertanyaan dan diskusi, Pembimbing Pertama dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa peserta untuk memberikan pertanyaan. Untuk kegiatan penilaian tertutup, mahasiswa peserta juga harus meninggalkan ruangan seminar selama kegiatan berlangsung.
  17. Pembimbing Pertama dapat memutuskan bahwa laporan tugas akhir harus direvisi setelah pelaksanaan seminar, berdasarkan masukan yang diperoleh saat seminar berlangsung.
  18. Mahasiswa harus menyelesaikan revisi paling lama 2 minggu setelah pelaksanaan seminar.
  19. Dalam hal mahasiswa tidak menyelesaikan revisi dalam waktu yang ditentukan, maka mahasiswa tersebut akan diberikan penalti berupa: a. Pengurangan nilai seminar tugas akhir sebesar 20% untuk keterlambatan kurang dari 3 hari. b. Pengurangan nilai seminar tugas akhir sebesar 50% untuk keterlambatan antara 3 hingga 7 hari. c. Pembatalan hasil seminar tugas akhir (mahasiswa harus mengulangi seminar tugas akhir) untuk keterlambatan di atas 7 hari.

More to explorer

CSRG Gelar Annual General Meeting 2020

CSRG (Computer Security Research Group) merupakan sarana pengembangan diri civitas “STMIK AMIKBANDUNG”. Secara Independent CSRG menjadi tempat ekstra learning dan Research di bidang Informatika, seperti Teknologi Informasi, Computer Security, Programing, Networking DLL CSRG AGM merupakan pertemuan tahunan, bagi alumnus dan

STMIK “AMIKBANDUNG” mulai terapkan “The New Normal” 2 Juni 2020

Selamat Sore #Sobatamik, Apa yang dimaksud “New Normal”? Nah The New Normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Untuk #Sobatamik yang berada di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung mulai

“Kuliah Gratis 1 Tahun”. Yuks Segera Daftar !!!

Hallo SobatAmik, pada masa pandemi Covid-19 ini STMIK “AMIKBANDUNG” menawarkan kesempatan untuk kuliah gratis selama 1 tahun. Hal ini sebagai bentuk kepedulian STMIK “AMIKBANDUNG” terhadap masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19. Adapun persyaratan mendapatkan kesempatan kuliah gratis ini yaitu sebagai berikut