Setapak Perjalanan Yang Memberikan Pengalaman – STMIK AMIKBANDUNG

Setapak Perjalanan Yang Memberikan Pengalaman

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Melakukan kunjungan pada sebuah acara talkshow di sebuah televisi nasional Indonesia, yang cukup terkenal dan tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena rettingnya yang slalu di atas dengan ciri khas dari pembawa acaranya yang slalu menghibur dan menuai gelak tawa bagi para penonton setianya baik penonton studio maupun yang ada di rumah siapa lagi bila bukan Tukul Arwana yang slalu membuat program “Ini Baru Empat Manata” (IBEM) yang slalu tayang pada senin – jumat pukul 22.00 WIB statsiun televisi trans 7 selalu sukses membuat semua orang yang menontonya terhibur hingga tak jarag membawa tawa yang tak henti-henti karena ulah humor nya yang khas dan slalu terkenang bagi para penonton setianya.

Kesempatan untuk dapat melihat langsung tayangan tersebut akhirnya menghampiri kampus STMIK AMIK Bandung tepat tanggal 07/09/2019 pukul 09.00 WIB sebanyak 113 mahasiswa dari STMIK AMIK Bandung angkatan 2018 dari dua prodi yakni prodi S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informatika akhirnya melakukan kunjungan ke gedung trans7 yang bertempat di jalan Kapten Tendean, Mampang Jakarta Selatan.

Kegembiraan dari setiap mahasiswa/i karena pada akhirnya dapat berkunjung dan langsung melihat prosesi dibalik pengambilan syuting tapping dan syuting secara live merupakan pegalaman yang sangat menyenangkan bagi para mahasiswa/i STMIK AMIK Bandung juga sebagai proses pembelajaran mengenai industry per- televisian Indonesia dimana bisa secara langsung melihat crew-crew program talkshow IBEM yang saling bekerja sama demi mempersembahkan hiburan bagi masyarakat Indonesia.

Hal hal baru yang akhirnya memberikan pengetahuan bagi para mahasiswa/i saat menyaksikan secara langsung prosesi pengambilan syuting tapping ini antara lain mengenal istilah istilah orang orang pertelevisian diantaranta adalah tapping, jadi apa itu tapping?

Tapping TV ini diartikan sebagai acara rekaman, artinya suatu tayangan direkam tapi tidak langsung disiarkan melainkan ditunda beberapa waktu untuk dilakukan serangkaian pengeditan sehingga tayangan tersebut lebih menarik, sesuai dengan kaidah yang ada, minim kesalahan dan lain lain.

Selain mengetahui istilah tapping para mahaiswa/i pun mengetahui hal hal lain nya yang menyangkut pada produksi sebuah tayangan televisi dimana begitu panjang untu 1 kali tayang saja banyak sekali orang orang yang terlibat diantaranya Pra produksi, dimana proses ini adalah penentuan bintang tamu, menentukan tema, mengatur schedule bintang tamu, dan kemudian tim creative akan mengadakan meeting yang bertujuan menentukan ide ide. Lalu kemudian ada tahap produksi disini mahasiswa/i mulai mengetahui tahapan dari produsi sebuah talkshow dari mulai penata audio, floor director (FD) cameramen, program assistant property dll.

Yang baru di ketahui oleh mahasiswa/i dalam acara acara talkshow televise adalah adanya tim floor yang membantu para mahasiswa/i dalam duduk dan bertepuk tangan, segala hal ada aturan nya baik duduk di atur oleh tim foor agar tertib dan ketika masuk kamera terlihat rapih, mungkin sedikit ribet juga sih bagi mahasiswa/i yang beberapa kali harus pindah tempat duduk dan berpisah sementara dengan teman nya namun ini merupakan aturan yang harus di taati menjadi penonton studio agar acara lancer dan mendapatkan hasil yang baik.

Pasca produksi di tahap ini mahasiswa/i di perkenalkan pada tahapan akhir dari sebuah talksow yakni tahap evaluasi dari semua aspek dimana semua crew yang terlibat dalam tayangan tadi rapat evaluasi pasca produksi ini dilaksanakan setelah acara baik live maupun tapping selesai di laksanakan.

Dalam perjalanan dan kegiatan yang di lakukan mahasiswa dan mahasiswi STMIK AMIK Bandung kemarin dalam acara undangan menonton talkshow IBEM secara live banyak sekali ilmu yang di dapat mahasiswa/i baik ilmu dan pengalaman bagaimana suasana dalam studio dan para pekerjanya juga hal hal baru seputar produksi televisi hingga kami pun menarik kesimpulan bahwa sebuah acara dapat berhasil berkat kerjasama yang baik dari setiap personil dalam organisasi (Amelia Noviana /SI).

More to explorer

Pengumuman Kegiatan Wisuda XXIX STMIK “AMIKBANDUNG”

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang Tugas Akhir bahwa pelaksanaan wisuda XXIX akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019 di Hotel El-Royale. Adapun syarat dan ketentuan mengikuti kegiatan ini yaitu sebagai berikut : Telah menyelesaikan sidang Tugas Akhir

Seminar Teknologi bertajuk “Keamanan Data Pribadi”

Masa muda memang dikenal sebagai masa paling indah. Puncak kesenangan masa muda ketika berada di bangku SMA dan selanjutnya di bangku kuliah. Tetapi dimasa yang penuh kebahagiaan ini sebagai insan penerus bangsa harus mulai mempersiapkan masa depan dengan terus berpacu

Jadwal Ujian Tenggah Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Kepada Seluruh Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” jadwal pelaksanaan Ujian Tengah Semester Ganjil akan dilaksanakan mulai tanggal 4 November 2019 hingga 15 November 2019. Berikut jadwal Ujian Tengah semester ganjil tahun akademik 2019/2020 :