Profil Studi
Program Peminatan S1 Desain Komunikasi Visual bertujuan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang seni rupa dan desain, komunikasi, teknologi, serta ekonomi dan bisnis, dalam rangka menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam penyampaian pesan secara visual melalui animasi 3D dan komik digital sehingga dapat menjawab kebutuhan dibidang industri kreatif digital baik di tingkat nasional maupun internasional.
Jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah bagian dari ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu.
- Keterampilan menggambar teknis
- Kemampuan mengoperasikan software gambar
- Kreatif dan inovatif
- Kemampuan melakukan analisis
- Kemampuan berpikir kritis
Profil Lulusan
Lulusan dari Program Peminatan DKV memiliki pengetahuan di bidang keilmuan komunikasi visual yang dapat meliputi gambar manusia, gambar teknik konstuktif, gambar ilustrasi, storyboard, komik digital, prinsip-prinsip dasar animasi 3D, pemodelan 3D, dan produksi animasi 3D
Lulusan dari Program Peminatan DKV memiliki keahlian dan bakat dalam membuat komik digital melalui Perangkat keras digital dan perangkat lunak digital grafis sehingga alur cerita dapat tersampaikan melalui media digital
Lulusan dari Program Peminatan DKV memiliki pengetahuan di dalam bidang fotografi, videografi, sinematografi dalam pembuatan film dan teknik mengambil gambar melalui beberapa komposisi, teknik dan editing sehingga dapat menghasilkan hasil kualitas gambar yang baik
Program Peminatan
Animasi 3D
Animasi 3D berfokus kepada proses menempatkan objek dan karakter dalam ruang 3D dan memanipulasinya untuk menciptakan ilusi gerak. Objek dibuat berdasarkan model 3D yang diasimilasi dalam lingkungan digital dengan bantuan alat 3D modeling. Atau, objek kehidupan nyata. Dunia animasi 3D di Indonesia saat ini berkembang pesat dan memacu kaum muda Indonesia untuk mengembangkan bakat di sektor industri ini. Terutama setelah metaverse menjadi topik hangat di dunia teknologi.
Komik Digital
Komik digital berfokus kepada transformasi komik konvensional (on surface media) menjadi komik digital (on screen media) dengan adanya perubahan pada tata bahasa rupa (visual grammar, visual vocabulary, dan metode produksi). Era digital komik Indonesia dimulai pada periode setelah 2000an, Karena makin mudahnya akses internet, Penggunaan ilustrasi realis dan kartun dapat dipakai dalam sebuah komik digital, Bahkan komik digital sekarang sudah diciptakan secara canggih.
Prospek Kerja
Prospek pekerjaan untuk dunia DKV tidak pernah sepi, karena di setiap industri membutuhkan seseorang yang mampu menyampaikan pesan secara visual, Terdapat beberapa bidang utama yang umumnya digeluti lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual, seperti industri media massa, percetakan dan penerbitan, biro konsultan desain, periklanan, production house, film production, serta industri game.
Pembuat gambar grafis bergerak berbasis 3D dengan bantuan perangkat lunak grafis komputer untuk keperluan iklan, film, televisi, atau video game
Pembuat gambar grafis berbentuk narasi visual menggunakan bantuan perangkat lunak grafis komputer atau secara manual untuk keperluan publikasi atau iklan
Pembuat gambar grafis informatif dalam lingkup tujuan memperjelas suatu teks dan/atau konsep tertentu dengan cara memberikan representasi visual yang sesuai dengan konten teks atau ide terkait
Pembuat karakter dan penokohan dari segi identitas visual sebagai bagian dari proses pembuatan komik, animasi, film dan video game
Pembuat tampilan visual yang merepresentasikan ide-ide tertentu seperti penokohan karakter, latar environment, objek-objek benda dan lain sebagainya, yang digunakan di berbagai bidang seperti animasi, komik, dan video game
Pembuat ide, metode dan/atau produk visual penyampai pesan yang komunikatif, informatif, dan persuasif, sesuai dengan tujuan tertentu, menggunakan gabungan seni rupa dan teknologi